Kegiatan Seni Mewarnai Melalui Media Gambar pada Anak Usia Dini di RA AL HIKMAH Doroampel
DOI:
https://doi.org/10.61132/aspirasi.v3i2.1552Keywords:
Coloring, Early Childhood, EducationAbstract
Coloring activities in early childhood as a basic foundation for improving fine motor skills. The purpose and objective of this coloring service is to stimulate the creativity of early childhood which has a positive effect as a vehicle for children's expression, color recognition, use of fingers, wrist skills and coordination between eyes and hands. The method approach used is through three stages, namely the preparation stage, the implementation stage and the evaluation stage of the activity. This service is located at the early childhood school RA AL HIKMAH Doroampel, Sumber Gempol, Tulungagung. The results of coloring activities in early childhood are obtained that students are able to express their art creations with various color combinations used, activities take place enthusiastically and conducively and improve fine motor skills of early childhood.
Downloads
References
Alurmei, W. A., Yuliana, Y. V., & Mangundjaya, W. L. (2024). Menggambar dan mewarnai sebagai media ekspresi anak dan sarana pengembangan kesejahteraan psikologis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 1075–1080.
Bahri, K., Astawa, I. M. S., Sriwarthini, N. L. P. N., & Astini, B. N. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak usia 5–6 tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 97–105.
Buulolo, P. K., & Atika, T. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak UPT SD Negeri 060841, Medan Petisah. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(2), 626–630.
Fauzi, H., Hendayana, Y., Rahmah, N., Febrianti, B., Rizkha, A., Noviyanti, D., Permatasari, E., Sayeti, A. B., Ramdan, R., Dannisya, M., & Cahyani, A. D. (2023). Pengabdian kepada masyarakat melalui kuliah kerja nyata (KKN) di desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155–166.
Gunada, I. W. A., Wiguna, I. B. A. A., Yasa, I. M. A., Ekaningtyas, N. L. D., Wiasti, N. K., Anom, A. A. I., & Amni, S. S. (2022). Pengenalan aksara Bali pada anak usia dini melalui media gambar dan mewarnai. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 184–194.
Khoerunnisa, S. R., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5–6 tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58.
Lubis, H. Z., Fadila, R., Daulay, M. M. F., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi kegiatan mewarnai untuk perkembangan anak usia dini. Jurnal PEMA Tarbiyah, 1(1), 11–19.
Oktasabella, S., Aini, A. N., & Wijayanto, W. (2024). Meningkatkan kreativitas seni rupa menggambar dan mewarnai menggunakan bahan alami pada murid sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 284–295.
Panggabean, R. D. E., Lumbantobing, P. A., & Farida, N. (2022). Upaya mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting kertas (pola). Jurnal Ilmiah Aquinas, 246–260.
Parman, P., & Wahyuni, S. (2024). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mewarnai. Jurnal Sitakara, 9(1), 22–30.
Puspiani, D., Purbayani, R., & Herniawati, A. (2024). Pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun di RA Sabilissalam Baregbeg Ciamis. Jurnal Intisabi, 2(1), 146–161.
Putri, S. (2022). Aktivitas mewarnai media pohon 3 dimensi dari tempat telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B usia 5–6 tahun di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu tahun pelajaran 2019/2020. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 19–27.
Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan jari jemari melalui kegiatan mozaik sebagai upaya peningkatan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321–4334.
Robingatin, R., Asiah, S. N., & Ekawati, E. (2022). Kemampuan motorik halus anak laki-laki dan perempuan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(1), 55–63.
Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan model ATIK pada kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–1736.
Saadah, N., Khairi, R., Anggraini, M. S., & Fajri, Y. (2023). Meningkatkan motorik halus anak melalui metode mewarnai di RA An-Nur. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 81–96. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9024
Sakur, S., Ma’ruf, A., Indah, N., Moriska, S., Pratiwi, A., & Arpani, H. A. (2022). Melatih kreativitas anak usia dini melalui kompetensi lomba mewarnai di RA Ulil Amri Desa Paritbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 60–65.
Sinaga, I., Purwati, A. S. M., Akadiati, V. A. P., & Ariany, F. (2022). Pemberdayaan UMKM Pusat Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pusparekraf) Bandar Lampung dalam pengisian SPT Tahunan. Near: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–167.
Sundari, S., & Ardhian, T. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan berbagai media. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3(2), 82–90.
Zahro, S. F., Prayogo, B. H., & Sugiarto, M. A. (2023). Implementasi kegiatan mewarnai dalam meningkatkan motorik halus anak. Jurnal Amal Pendidikan, 4(2), 126–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.