Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352Keywords:
IPAS, Pengenalan Hewan, Literasi, QR-Code, WebsiteAbstract
Kemampuan literasi yang dimiliki seseorang perlu dikembangkan sejak dini. Siswa sekolah dasar merupakan fase dalam menanamkan pondasi dasar yang nantinya akan dijadikan sebagai kebiasaan ketika dewasa nanti. Salah satu pondasi dasar yang perlu ditanamkan pada siswa sekolah dasar adalah kemapuan literasi. Banyaknya informasi yang beredar saat ini dan akan lebih banyak dimasa depan, membutuhkan kempuan literasi yang baik. Pada kegiatan ini dilakukan implementasi teknologi QR-Code untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di Kabupaten Badung. Kegiatan pelatihan diikuti oleh siswa sekolah dasar. Materi yang diperkenalkan pada kegiatan ini adalah pengenalan hewan yang ada disekitar siswa untuk mata pelajaran IPAS. Siswa melakukan pemindaian pada Papan QR-Code, yang selanjutnya diarahkan ke website pengenalan hewan baik dalam bentuk teks, gambar, dan video untuk memenuhi gaya belajar siswa. Hal implementasi menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan Papan QR-Code secara mandiri baik melakukan pemindaian, akses website, dan membaca informasi baik berupa teks, gambar, maupun video.
Downloads
References
Arisandi, A., & Semara Putra. (2022). Media Permainan Kartu Bergambar Mengenai Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 85–95. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47757
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Firmansyah, R., Hunaifi, N., & Sugiyono. (2019). Perancangan Sistem Informasi Literasi Berbasis Web Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Sistem Informasi ,Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(1), 52–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/4859/3366
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Mastoah, I., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316
Pambudi, M. A., & Windasari. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 636–646.
Putri Ayu Widari, S. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Putri, N. W. S., Suryati, K., Wijayanti, N. W. E., Wardika, I. W. G., Kartini, K. S., Krisna, E. D., & Hartawan, I. N. B. (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Bercocok Tanam Hidroponik Kepada Guru Paud. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1272–1282. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5030
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 2(2), 124. https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9934
Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Literasi Digital di Sekolah Dasar The Development of Web-Based Interactive Multimedia to Enhance Cultural Literacy and Digital Literacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 25(1), 103–120. https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.1.2023.103-120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.