Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfataan Aplikasi Moodle untuk Pembelajaran di MTs Ma’arif Ponorogo

Authors

  • Inung Diah Kurniawati Universitas PGRI Madiun
  • Yoga Prisma Yuda Universitas PGRI Madiun
  • Muh. Nur Luthfi Azis Universitas PGRI Madiun
  • Listria Mawarni Universitas PGRI Madiun
  • Orchidanti Izza Rahmawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i4.865

Keywords:

moodle, pelatihan, pembelajaran, sosialisasi

Abstract

MTs Ma’arif Ponorogo menyadari akan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tetapi semua guru di sekolah tersebut belum mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajara. Oleh sebab itu, diperlukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan Moodle untuk guru-guru di MTs Ma’arif Ponorogo. Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru-guru dalam mengoperasikan aplikasi Moodle. Dengan demikian, maka akan tercipta pembelajaran uang menarik dan inovatif. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di MTs Ma’arif Ponorogo yang terdiri dari 20 orang guru. Metode yang digunakan adalah sosialiasi dan peatihan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, tahap sosialisasi, tahap pelatihan dan tahap evaluasi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Semua guru antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini. Respon guru pada kegiatan ini juga baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Haryadi and S. Badriah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Moodle,” J. Emasains J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. X, no. 1, pp. 106–110, 2021, [Online]. Available: https://eproceedings.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/semnaspgsd/article/view/1038

D. Pratiwi, G. B. Santoso, I. Mardianto, A. Sediyono, and A. Rochman, “Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta,” Abdihaz J. Ilm. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.32663/abdihaz.v2i1.1093.

S. N. Iswandari, J. Copriady, A. M. Noer, and S. W. Albeta, “Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle Pada Materi Hidrokarbon,” Edusains, vol. 12, no. 1, pp. 81–88, 2020, doi: 10.15408/es.v12i1.11503.

W. Warsinah, P. J. Silaban, and L. Silaban, “Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru SD Negeri 1 Kualasimpang,” SAFARI J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 301–316, 2019, doi: 10.15797/concom.2019..23.009.

D. Setiyaningsih, L. Astriani, M. Bahfen, W. Soviana, and M. Al Ghani, “Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Pada Guru Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 179–184, 2022, doi: 10.46576/rjpkm.v3i1.1618.

Published

2024-07-05

How to Cite

Kurniawati, I. D., Yuda, Y. P., Azis, M. N. L., Listria Mawarni, & Orchidanti Izza Rahmawati. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfataan Aplikasi Moodle untuk Pembelajaran di MTs Ma’arif Ponorogo. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(4), 108–113. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i4.865

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.