Strategi Meningkatkan Minat Membaca melalui Pemilihan Teks Bahasa Arab yang Menarik di PP Darut Tauhid Patemon
DOI:
https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1764Keywords:
Learning Strategies, Reading Interest, Arabic Texts, Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon.Abstract
This study aims to describe the strategies used to increase students' interest in reading through the selection of interesting Arabic texts at the Darut Tauhid Patemon Islamic Boarding School. The low interest in reading Arabic texts among students is the background to the importance of selecting reading materials that suit their interests and needs. The method used in this study is a qualitative descriptive approach with observation, interview, and documentation techniques. The results of the study indicate that the selection of texts that are relevant to the daily lives of students, accompanied by the use of interactive learning methods, can significantly increase reading interest. In addition, teacher involvement in selecting and presenting contextual materials is also a major supporting factor.
Downloads
References
Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman makna harfiah dan majazi dalam bahasa Arab: Potret kemampuan siswa SMP Lubbul Labib. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2).
Astutik, S. F., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan naht dalam pembelajaran bahasa Arab: Strategi interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Izzul Islam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 214–228.
Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan kompetensi maharah qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.
Hasanah, L., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan morfologi bahasa Arab dalam bahasa Indonesia: Studi kasus di MI Nidhamiyah Ketompen Pajarakan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 156–168.
Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam al-Asy’ari dan al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.
Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian pembelajaran PAI berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Strategi dan implementasi efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.
Maghfiroh, D., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). The implementation of the book Nahwu Al-Wadhih in grammar learning to enhance the proficiency in reading classic Arabic literature. Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal, 5(1), 37–50.
Mardiyah, A., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pengembangan mufradat bahasa Arab dalam pembelajaran kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 364–373.
Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, klasifikasi, dan implementasi dalam kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.
Nafila, D. P., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan strategi Akhbāriyyah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa kelas V SDN Puspan Maron Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 399–415.
Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis metode dan penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.
Rosida, S., & Sofa, A. R. (2025). Analisis teks sejarah dan geografi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 169–184.
Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendekatan holistik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2).
Salsabela, K., & Sofa, A. R. (2025). Kosakata serapan dalam bahasa Arab pada buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk: Kajian linguistik kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 348–363.
Sholeh, M. H., Farid, E. K., & Sofa, A. R. (2025). An analysis of nahwu learning difficulties among students of Zainul Hasan Genggong Islamic Boarding School. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 4(2).
Sofa, A. R. (2022). Islamic religious education literacy and numeration in the perspective of the Qur’an and Hadits. JIER: Journal of Islamic Education Research, 3(2). https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.242
Sofa, A. R. (2023). Correlation of motivation to learn Arabic language with interest in communication in Arabic language of students Department of Arabic Language Education Faculty of Tarbiyah Islam University of Zainul Hasan Genggong. Journal on Education, 5(3), 8725–8738.
Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat fi Ta’lum al-Lugha al-‘Arabiyya min Khilal al-Dhaka’ al-Istina’i: Istratijiyat fa’ala litahsin itqan al-lugha al-‘Arabiyya fi al-Jami’a al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.
Sofa, A. R. (2025). Application of various interactive assessment models to increase the effectiveness of measuring the Arabic learning process and improve learners’ skills. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 6(1), 20–38.
Sofa, A. R., & Erviana, I. (2025). Program pengabdian kemasyarakatan: Optimalisasi pembelajaran nahwu melalui kitab Al-Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(3), 221–232.
Sofa, A. R., & Febrianti, A. (2025). Dialektologi bahasa Arab: Analisis perbedaan linguistik berdasarkan kajian pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87.
Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa madrasah aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.
Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran PAI berbasis learning analytics, IBM Watson Education, adaptive learning AI: Motivasi dan konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. Indonesian Research Journal on Education, 5, 720–727.
Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. (2025). Penilaian pembelajaran PBA berbasis Google Data Studio, Power BI, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107–116.
Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Google Form, GoReact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.
Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam kajian linguistik: Peran terhadap perkembangan bahasa Arab pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.
Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Implementasi pembiasaan shalat dhuha dan shalat dhuhur secara berjama’ah dalam membentuk karakter disiplin di MI Tarbiyatul Islam Kraksaan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 231–239.
Zummah, A. A., & Sofa, A. R. (2025). Keefektifan teknik membaca cepat dalam bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon Krejengan Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 199–213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.