Transformasi Digital Marketing untuk UMKM: Studi Kasus Strategi Penjualan Miniatur Kapal Pinisi di Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Ilma Wulansari Hasdiansa Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Hasbiah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61132/aspirasi.v3i3.1765

Keywords:

Digital Marketing, Miniature Pinisi Ship, Sales

Abstract

The impact of the Covid 19 pandemic was also felt by the miniature craftsmen of the phinisi ship in the Bontobahari sub-district, Bulukumba Regency because of marketing limitations that only relied on offline stores. The purpose of this service is to help craftsmen business owners in utilizing digital media as a means of marketing the miniature phinisi boats in the Bontobahari sub-district, Bulukumba Regency. The instruments used in this service are observation, interview and documentation techniques. The results of the service show that there is an increase in the sale of miniature pinisi ships during the use of digital marketing using Instagram and the market reach is also getting wider.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R., & Dahriansah, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Sarana Promosi dan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 41–46.

Feriyana, W. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pemasaran “Tempe Kriuk” Ibu Yus Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).

Harinie, L. T., & Hukom, A. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–59.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.

Mas’ ud, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam di Kota Pasuruan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 185–197.

Puspitawati, N. M. D., & Suharto, G. N. (2021). PEMANFAATAN SOCIAL COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM TEMPE WINA DI BR. BATUR, DESA UBUNG, BALI. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks, 10(2), 205–214.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3), 307–311.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Susanto, D. A., Anugrah, S., Rahmaliya, R., & Haris, O. (2021). Peningkatan Kapasitas UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Desa Caringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 1(2), 1–6.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Ilma Wulansari Hasdiansa, & Sitti Hasbiah. (2025). Transformasi Digital Marketing untuk UMKM: Studi Kasus Strategi Penjualan Miniatur Kapal Pinisi di Kabupaten Bulukumba. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 3(3), 221–227. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v3i3.1765

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.