Pelatihan Asesmen Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Bagi Guru SMP Negeri Gudang Arang Merauke

Authors

  • Angla F Sauhenda Universitas Musamus, Merauke
  • Marnina Marnina Universitas Musamus, Merauke

DOI:

https://doi.org/10.61132/aspirasi.v1i3.183

Keywords:

asesmen, aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri Gudang Arang Merauke dengan total jumlah peserta12 orang guru bidang studi. Adapun guru bidang studi yang terlibat yakni guru Bahasa Indonesia, guru matematika, guru Pendidikan agama, guru olahraga, guru IPA. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini para guru dapat memahami teknik penilaian dan dapat melakukan penilaian secara tepat. Pengabdian ini memberikan kontribusi pada semua pelajaran karena setiap pelajaran tentunya melakukan penilaian kepada siswa. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop yang meliputi sosialisasi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan serta diakhiri dengan diskusi bersama. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru dapat memahami dengan baik pentingnya sebuah penilain jika dilakukan secara objektif pada ketiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Asesmen : Principles and Classroom Practice. White Planis, NY : Pearson Education

Dave, R. (1967). Psychomotor domain. International Conference of Educational Testing

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistempendidikannasional.

Farida, Ida. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Harsiati, Titik. 2001. Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif. Tulisan tidakditerbitkan. Malang: FS UM.

Harsiati, Titik. 2011. Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang Press

Harsiati, Titik. 2013. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang Press

Saputri, Adlim, dan Rahmayani. 2018.Pengembangan instrument penilaian psikomotorik untuk praktikum kimia dasar. JTK: Jurnal Tadris Kimiya

Riscaputantri& Wening. 2018. Pengembangan instrument penilaian afektif siswa kelas iv sekolah dasar di kabupaten klaten. JurnalPenelitian dan Evaluasi Pendidikan

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Angla F Sauhenda, & Marnina Marnina. (2023). Pelatihan Asesmen Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Bagi Guru SMP Negeri Gudang Arang Merauke. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 1(6), 222–229. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v1i3.183

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.