Pelatihan Asesmen Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Bagi Guru SMP Negeri Gudang Arang Merauke
DOI:
https://doi.org/10.61132/aspirasi.v1i3.183Keywords:
asesmen, aspek kognitif, afektif, dan psikomotorikAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri Gudang Arang Merauke dengan total jumlah peserta12 orang guru bidang studi. Adapun guru bidang studi yang terlibat yakni guru Bahasa Indonesia, guru matematika, guru Pendidikan agama, guru olahraga, guru IPA. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini para guru dapat memahami teknik penilaian dan dapat melakukan penilaian secara tepat. Pengabdian ini memberikan kontribusi pada semua pelajaran karena setiap pelajaran tentunya melakukan penilaian kepada siswa. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop yang meliputi sosialisasi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan serta diakhiri dengan diskusi bersama. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru dapat memahami dengan baik pentingnya sebuah penilain jika dilakukan secara objektif pada ketiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Brown, H. Douglas. 2004. Language Asesmen : Principles and Classroom Practice. White Planis, NY : Pearson Education
Dave, R. (1967). Psychomotor domain. International Conference of Educational Testing
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistempendidikannasional.
Farida, Ida. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Harsiati, Titik. 2001. Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif. Tulisan tidakditerbitkan. Malang: FS UM.
Harsiati, Titik. 2011. Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang Press
Harsiati, Titik. 2013. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang Press
Saputri, Adlim, dan Rahmayani. 2018.Pengembangan instrument penilaian psikomotorik untuk praktikum kimia dasar. JTK: Jurnal Tadris Kimiya
Riscaputantri& Wening. 2018. Pengembangan instrument penilaian afektif siswa kelas iv sekolah dasar di kabupaten klaten. JurnalPenelitian dan Evaluasi Pendidikan
Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.