Metode Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Perspektif Siswa dan Guru
DOI:
https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1420Keywords:
Metode Tematik, Pembelajaran Bahasa, Perspektif Siswa, Perspektif Guru, Pembelajaran TerpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode tematik dalam pembelajaran bahasa berdasarkan perspektif siswa dan guru. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan melibatkan wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tematik mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bahasa melalui integrasi berbagai keterampilan bahasa, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengar, dalam konteks tema tertentu. Guru memandang metode ini sebagai strategi efektif untuk memotivasi siswa, meskipun terdapat tantangan dalam perencanaan dan pelaksanaannya, terutama terkait waktu dan sumber daya. Perspektif siswa mengungkapkan bahwa metode ini mempermudah mereka memahami materi dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasi metode tematik, termasuk kesiapan guru, kurikulum, dan dukungan fasilitas. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan pedagogi bahasa dan menyarankan peningkatan pelatihan bagi guru dalam penerapan metode tematik.
Downloads
References
Afifah, N., Harun, H., & Mujtahidin, M. (2015). Efektivitas Pembelajaran Tematik Ditinjau dari Kemampuan Guru Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di Kelas V SD Muhammadiyah 8 Kecamatan Tulangan Tahun 2015. Widyagogik, 2(1), 75-82.
Amalia, N. (2019). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kreativitas Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Kartasura. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Anggraeni, S. (2020). Tantangan Guru dalam Menggunakan Metode Tematik. Semarang: Universitas Diponegoro.
Antara, I. G. W. S., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2023). Preferensi Pendekatan Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar: Perspektif Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3).
Arifin, Z., & Setiawan, A. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teknik dan Prosedur
Borges, A. F., Laurindo, F. J., Spínola, M. M., Gonçalves, R. F., & Mattos, C. A. (2021). The strategic use of artificial intelligence in the digital era: Systematic literature review and future research directions. International Journal of Information Management, 57.
Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plains, NY: Pearson Education.
Calderon, A., & Ruiz, M. (2015). Systematic Literature Review (SLR): Metode Identifikasi, Evaluasi, dan Interpretasi Penelitian yang Relevan.
Erni, E. (2020). Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Palopo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Fogarty, R. (1991). The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine, Illinois: Skylight Publishing.
Hapsari, S. (2019). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.36312/madu.v2i1.77
Hutapea, A. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Ika, M. M. (2018). Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar Tentang Kurikulum 2013. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 12-21. DOI: https://doi.org/10.47178/elementary.v1i2.498
Indri Antika. (2020). Persepsi Guru Kelas terhadap Pembelajaran Tematik di MI Al-Hidayah. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jacobs, G. M., Power, M. A., & Loh, W. I. (2016). The Teacher’s Sourcebook for Cooperative Learning: Practical Techniques, Basic Principles, and Frequently Asked Questions. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Khasanah, U., Herman., Pratama, H, C., & Darodjat. (2024). PEMBELAJARAN TEMATIK: KONSEP, APLIKASI DAN PENILAIAN. Tahta Media Group.
Lawolo, G. J. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 074057 MALIWAA. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 2(1), 25-31. DOI:
Luvita, W. F. (2019). Metode dalam Pembelajaran Tematik Aspek Bahasa Indonesia pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SDLB-B Yakut Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Saizu.
Maimunsyah. (2021). Pendekatan Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Serambi Konstruktivis, 3(2), 34-45. DOI: https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v3i2.3215
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marlina, R. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MULTIBUDAYA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA–YAI JAKARTA. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(2). DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v15i2.19
Mubarok, M. (2024) MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal P4I. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2763
Nency Hardini. (2013). PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK PADA IMPLEMENTASI KTSP SD SEKECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KONATIF
Nurlaela, L., & Rahmawati, F. (2017). Efektivitas Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas II Semester Ganjil di MI Nurul Hasanah Kota Makassar Tahun 2017. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-130.
OECD. (2019). Education at a Glance 2019: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing.
Perry, J., & Hammond, N. (2002). Metode Sintesis Penelitian Kualitatif: Meta-sintesis.
Perry-hazan, L. (2021). Students ’ Perceptions of Their Rights in School : A Systematic Review of the International Literature: 20(10). https://doi.org/10.3102/00346543211031642
Raningsi, L., Badratiana, G., & Prihandini, L. (2024). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Tipe Webbed terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(10), 105-112.
Resiani, N., Risyak, M., & Surahman, E. (2015). Persepsi Guru terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Shafina, V., & Mukhlis, M. (2025). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 147-157. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1088
Siregar, M. D., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2022). Pendekatan Tematik dan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 358-369. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.6999
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taba, H. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World.
Wulandari, S. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sumbul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.