Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1550Keywords:
Animation Videos, Indonesian, Literature Study, Listening, TechnologyAbstract
Science and technology have a big influence on teachers and students in the learning process. The use of digital-based learning media is also commonly used to support the learning process. The use of animated videos in learning is one of the uses of technology in the current era, animated video media provides enormous benefits in the process of delivering learning by teachers and student learning outcomes. In learning Indonesian, learning using animated videos greatly increases students' interest in carrying out learning. In this research the author uses a library study model, by analyzing several trusted articles. This research is suitable to be used because it does not only examine it from one point of view but from several valid points of view. The aim of this study is to find out how effective the use of animated videos is on students' listening skills.
Downloads
References
Amanda, S., Nabila Zulkim, S., Adrias, A., Azmi Alwi, N., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., & Padang, K. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Morfologi, 2(4), 304–313. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.842
Anugrah, C. G., Pagarra, H., & Info Abstrak, A. (2024). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 2(4). http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek
Keterampilan, T., Mata, M., Bahasa, P., Siswa, I., Dasar, S., Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., Latief, S. A., & Muhammadiyah Makassar, U. (2023). Pengaruh penggunaan media audio visual film animasi. Jurnal Konsepsi, 12(1). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Kiftia, S. M., & Rukmi, A. S. (n.d.). Pengembangan media video animasi untuk keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa kelas V sekolah dasar. [Penerbit tidak disebutkan].
Made, N., Cahyani, D., Putu, I., Dewantara, M., & Wirahyuni, K. (2022). Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Melaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12, 417–426. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62364
Malahayati. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi. Journal of Multidisciplinary Research and Innovation (JMRI), 1. https://jurnal-lrpsu.or.id/index.php/JMRI/index
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengertian pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-
Pratiwi, R., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Penggunaan media audio visual berbasis Animaker terhadap hasil belajar menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3069
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rismala, B. Z., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan video animasi pada keterampilan menyimak cerita dongeng siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Kurikula, 7(2). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index
Sumatera, S., & Safira, D. (2022). Pengembangan media digital video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik tema 1 kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan, 2(2). [Penerbit tidak disebutkan].
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (n.d.). Permasalahan budaya membaca di Indonesia: Studi pustaka tentang problematika & solusinya. [Penerbit tidak disebutkan].
Tauhid, K., & Maulidya, N. (2024). Pengaruh penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa dalam memahami unsur intrinsik pada legenda Sangkuriang. Jurnal Pendidikan, 3. [Penerbit tidak disebutkan].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.