Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Diandra Nofita Universitas Negeri Padang
  • Cerillia Nanda Ocktaviani Universitas Negeri Padang
  • Adrias Adrias Universitas Negeri Padang
  • Fadila Suciana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1550

Keywords:

Animation Videos, Indonesian, Literature Study, Listening, Technology

Abstract

Science and technology have a big influence on teachers and students in the learning process. The use of digital-based learning media is also commonly used to support the learning process. The use of animated videos in learning is one of the uses of technology in the current era, animated video media provides enormous benefits in the process of delivering learning by teachers and student learning outcomes. In learning Indonesian, learning using animated videos greatly increases students' interest in carrying out learning. In this research the author uses a library study model, by analyzing several trusted articles. This research is suitable to be used because it does not only examine it from one point of view but from several valid points of view. The aim of this study is to find out how effective the use of animated videos is on students' listening skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, S., Nabila Zulkim, S., Adrias, A., Azmi Alwi, N., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., & Padang, K. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Morfologi, 2(4), 304–313. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.842

Anugrah, C. G., Pagarra, H., & Info Abstrak, A. (2024). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 2(4). http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek

Keterampilan, T., Mata, M., Bahasa, P., Siswa, I., Dasar, S., Nuramelyah, R., Syamsuri, A. S., Latief, S. A., & Muhammadiyah Makassar, U. (2023). Pengaruh penggunaan media audio visual film animasi. Jurnal Konsepsi, 12(1). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi

Kiftia, S. M., & Rukmi, A. S. (n.d.). Pengembangan media video animasi untuk keterampilan menyimak teks eksplanasi siswa kelas V sekolah dasar. [Penerbit tidak disebutkan].

Made, N., Cahyani, D., Putu, I., Dewantara, M., & Wirahyuni, K. (2022). Pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Melaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12, 417–426. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.62364

Malahayati. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi. Journal of Multidisciplinary Research and Innovation (JMRI), 1. https://jurnal-lrpsu.or.id/index.php/JMRI/index

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengertian pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Pratiwi, R., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Penggunaan media audio visual berbasis Animaker terhadap hasil belajar menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3069

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Rismala, B. Z., & Nuroh, E. Z. (2023). Penggunaan video animasi pada keterampilan menyimak cerita dongeng siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Kurikula, 7(2). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/index

Sumatera, S., & Safira, D. (2022). Pengembangan media digital video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik tema 1 kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan, 2(2). [Penerbit tidak disebutkan].

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (n.d.). Permasalahan budaya membaca di Indonesia: Studi pustaka tentang problematika & solusinya. [Penerbit tidak disebutkan].

Tauhid, K., & Maulidya, N. (2024). Pengaruh penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa dalam memahami unsur intrinsik pada legenda Sangkuriang. Jurnal Pendidikan, 3. [Penerbit tidak disebutkan].

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Diandra Nofita, Cerillia Nanda Ocktaviani, Adrias Adrias, & Fadila Suciana. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2), 239–247. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1550

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)