Program Pengabdian Kemasyarakatan: Optimalisasi Pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur'an Darussalam Klaseman

Authors

  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Irma Erviana Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i3.1695

Keywords:

Al Miftah book, Arabic literacy, Community service, Nahwu learning, Pesantren

Abstract

Arabic language learning, particularly the study of nahwu, is crucial in understanding Islamic religious texts such as the Qur'an and Hadith. However, in many pesantren (Islamic boarding schools), the teaching and application of nahwu often face various challenges. Therefore, this community service program aims to optimize nahwu learning at Pesantren Motivator Qur'an Darussalam Klaseman by using the Al Miftah book as the main teaching material. This program involves intensive guidance for the students in learning nahwu rules, with an interactive and hands-on approach. The results of this activity show an improvement in the students' understanding and application of nahwu rules, which positively impacts their ability to comprehend Arabic texts, particularly in reading the Qur'an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pembelajaran dalam membaca teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.

Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman makna harfiah dan majazi dalam bahasa Arab: Potret kemampuan siswa SMP Lubbul Labib. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2).

Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan kompetensi maharoh qiroah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendidikan karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat pedesaan: Studi kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, klasifikasi, dan implementasi dalam kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis metode dan penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendekatan holistik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2).

Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat fi Ta’lum al-Lugha al-‘Arabiyya min khilal al-Dhaka’al-Istina’i: Istratijiyat fa’ala litahsin itqan al-Lugha al-‘Arabiyya fi al-Jami’a al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran kitab Mahfudzot untuk membina akhlak mahasiswa di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.

Sofa, A. R., & Febrianti, A. (2025). Dialektologi bahasa Arab: Analisis perbedaan linguistik berdasarkan kajian pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87.

Sofa, A. R., Aziz, A., Sugianto, M., Zainullah, A., Farid, E. K., & Yunus, M. (2024). وسيلة لعبة سكرابل كبديل لاكتساب المفردات في تعلم اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية زين الحسن قنقون. Insya: Journal of Arabic Studies, 2(2), 39–54.

Sofa, A. R., Mundir, M., Ubaidillah, U., & others. (2024). Integrasi pendidikan agama Islam: Kecerdasan spiritual dan emosional melalui kitab Mahfudzot untuk menumbuhkan akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).

Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Google Form, GoReact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pembelajaran tajwid sebagai sarana tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, tantangan, dan dampaknya terhadap pemahaman keislaman siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam kajian linguistik: Peran terhadap perkembangan bahasa Arab pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi pembelajaran maharatul qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan solusi dalam meningkatkan kualitas kefasihan bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Upaya peningkatan media Wordwall terhadap motivasi belajar pada pelajaran SKI materi kisah teladan Nabi Muhammad SAW kelas V MI Islamiyyah Kraksaan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(6), 360–369.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Ainur Rofiq Sofa, & Irma Erviana. (2025). Program Pengabdian Kemasyarakatan: Optimalisasi Pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman. Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(3), 221–232. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i3.1695

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.