Dialek Quraisy dalam Kajian Linguistik: Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Arab Pra-Islam

Authors

  • Nur Faizatul Ulya Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1545

Keywords:

Quraysh dialect, pre-Islamic Arabic, standard Arabic, phonology, morphology, syntax

Abstract

This study examines the linguistic characteristics of the Quraysh dialect and its influence on the development of the pre-Islamic Arabic language. Using a qualitative research method based on a literature review, this study analyzes various sources discussing the phonology, morphology, and syntax of the Quraysh dialect and its role in the formation of standard Arabic. The findings reveal that the Quraysh dialect has a smoother phonological system, a more structured grammar, and a richer vocabulary compared to other Arabic dialects. Its influence became more significant after being used in the Qur’an, which served as the primary reference in the development of standard Arabic. Additionally, classical linguists adopted the Quraysh dialect as the foundation for Arabic grammatical rules. Thus, the Quraysh dialect plays a central role in the evolution of the Arabic language from the pre-Islamic era to the modern period.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pembelajaran dalam Membaca Teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.

Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Berdasarkan Dalil Al-Qur’an: Studi Kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan Fokus pada Teori Big Bang, Embriologi, dan Lapisan Atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2024). Ilmu sebagai Kunci Kesuksesan Dunia dan Akhirat Menurut Al-Quran dan Hadist. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 118–125.

Baidhowi, I., Ni’mah, M., & Sofa, A. R. (2024). تعليم اللغة العربية بإستخدام طريقة لعبة البطاقة فى المدرسة الإبتدائية نور الجديد كروجيل مدينة بروبولنجو. ISLAMIKA, 6(2), 621–629.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas Iman dan Ilmu Serta Apresiasinya Berdasarkan Studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan Tradisi Keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi Pengajian Kitab, Amalan Harian, dan Ritual Kolektif dalam Pembentukan Karakter Santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi Dalam Pengembangan Pemikiran Aswaja di Pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan Generasi Berkarakter Unggul melalui Transformasi Sosial yang Berbasis Pendidikan, Nilai, dan Kolaborasi Masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Masyarakat Pedesaan: Studi Kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi Konsep Mawaddah Wa Rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadist: Strategi Psikologi Keluarga untuk Membangun Keharmonisan Rumah Tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.

Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong Berdasarkan Ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.

Kurniawati, E., Ni’mah, M., & Sofa, A. R. (2024). TAHLILUL AKHTHA’FI MAHAROTI AL-KALAM BI AL-LUGHAH AL-ARABIYAH LITHULLABI MA’HADI SIRAJU AL-THALIBIN AL-ISLAMI. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 23(1), 29–48.

Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan Tematik Qur’an dan Hadits sebagai Landasan Pembinaan Akhlak Sehari-Hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.

Muhammad, B., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Islam dan Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi di SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani Rangkang Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 76–91.

Nurhamsalim, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadits Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di SMK Negeri 1 Probolinggo: Studi Tentang Pengembangan Karakter Islami Siswa. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 127–143.

Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Metode, Evaluasi, Sosio-Kultural, dan Kompetensi Pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi Kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.

Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam Perspektif Pendidikan Islam: Nilai Fundamental, Strategi Implementasi, dan Dampaknya terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis Metode dan Penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan Peluang Dalam Menyongsong Era Digital dan Globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi Nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Pembentukan Etos Kerja, Profesionalisme, Spiritualitas, Inovasi, Keseimbangan Sosial, dan Keberlanjutan Muslim Modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.

Sofa, A. R. (2023a). Pelatihan Menghafal Kosa Kata Dalam Bahasa Arab Pada Siswa MI Nahdatul Ulama Blado Wetan Banyuanyar Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2842–2848.

Sofa, A. R. (2023b). إيكاندو لتعلم اللغة العربية عند الطفولة المبكرة في عصر الرقمنة 5.0 (Icando) استخدام. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 13(2), 287–295.

Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat Fi Ta’lum Al-Lugha Al-’Arabiyya Min Khilal Al-Dhaka’Al-Istina’i: Istratijiyat Fa’ala Litahsin Itqan Al-Lugha Al-’Arabiyya Fi Al-Jami’a Al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R., Aini, A. A. Q., Fitria, L. G., Lussiyana, I., Supriyanto, A., Zaini, B., & others. (2022). Development Of Device Module And Material Based Processing Entrepreneurship For Madrasah Aliyah Students, The Zainul Hasan Genggong Model. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 679–687.

Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan Strategi pada Siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.

Sofa, A. R., Aziz, A., & Ichsan, M. (2021). Pendidkan Bahasa Arab: Problematika Dan Solusi Dalam Studi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1761–1774.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic Religious Education Based on Spiritual and Emotional Intelligence to Build the Morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University Students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Sofa, A. R., Mundir, M., Ubaidillah, U., & others. (2024). Integrasi Pendidikan Agama Islam: Kecerdasan Spiritual dan Emosional melalui Kitab Mahfudzot untuk Menumbuhkan Akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02).

Sofa, A. R., Sugianto, M., & others. (2024). دور اللغة العربية في التربية الإسلامية معهد علي زين الحسن قنقون: مراجعة لتعلم اللغة العربية كوسيلة للوصول إلى المعرفة الدينية. Insya: Journal of Arabic Studies, 2(1), 19–25.

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pembelajaran Tajwid sebagai Sarana Tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, Tantangan, dan Dampaknya terhadap Pemahaman Keislaman Siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.

Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam Membangun Karakter Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 27–42.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Nur Faizatul Ulya, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Dialek Quraisy dalam Kajian Linguistik: Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Arab Pra-Islam. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415. https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1545