Kiasan-Kiasan pada Teks Berita Tribun Jateng sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA

Authors

  • Ajeng Nur Muslikhah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.769

Keywords:

Teaching Materials, Language Style, News Text, Metaphor, Metonymy, Allegory

Abstract

This research aims to describe allusions in the news text of the Central Java Tribune as an alternative teaching material in high school. This type of research is descriptive qualitative. Data collection was carried out using the note-taking research method, selecting news texts that used figurative language styles and listening carefully, directed and carefully to primary data sources. Based on the news text, the news text 'Up Again! Complete Fuel Prices Throughout Indonesia Thursday 13 April 2023 Check Central Java Prices' taken from the April 2023 edition of the Central Java Tribune website found the use of metaphor, metonomia and allegory. In relation to its suitability as an alternative teaching material in high school based on suitability to students' cognition, suitability to character education, suitability to students' language, psychological aspects, and cultural background aspects, the use of figurative language styles in news texts is suitable for use as an alternative teaching material. in high school and references that help Indonesian language subject teachers in appreciating Indonesian literary works, especially in prose.

References

Agustina, R., & Sari, I. N. (2020). Pengaruh fluktuasi pendapatan terhadap permintaan barang dan jasa di Kota Makassar dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(1), 1–12.

Al-Arif, R. M. N., & Amalia, E. (2014). Teori mikroekonomi: Suatu perbandingan ekonomi Islam dan ekonomi konvensional. Kencana.

Ansar. (2019). Teori ekonomi mikro. IPB Press.

Arifin, Z., & Fauziah, D. (2021). Analisis dampak fluktuasi harga barang dan jasa terhadap permintaan masyarakat di Kabupaten Bone dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 183–194.

Basri, S., & Syam, M. (2020). Analisis pengaruh pendapatan dan kesadaran syariah terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Kota Makassar dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), 1–18.

Chandra, B., & Sari, I. N. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di toko modern dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 4(1), 67–78.

Dewi, A. G. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor). Humanities, Management and Science Proceeding, 1(2), 173–189.

Harahap, D., & Alfadri, F. (2022). Ekonomi mikro Islam. Merdeka Kreasi Group.

Harneti, R., & Syafi’i, M. (2019). Analisis pengaruh fluktuasi pendapatan dan harga terhadap perilaku konsumen Muslim. Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 5(2), 187–200.

Idrus, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh kesadaran syariah dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk elektronik di Kota Makassar dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19(1), 1–12.

Margareta, E. (2019). Pengaruh persaingan harga jual bibit terhadap peningkatan volume penjualan. [Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara, Blitar].

Martono, N. (2016). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Rajawali Pers.

Masyhuri, Husain, S., & Wahyuni, N. (2022). Pengaruh perubahan pendapatan masyarakat terhadap volume penjualan dalam perspektif ekonomi mikro Islam (studi pada pengusaha di BTC Watampone). Jurnal Akunsyah, 2(2), 118–132.

Medias, F. (2016). Ekonomi mikro Islam: Islamic microeconomics. Unimma Press.

Pantawis. (2019). Pengaruh pendapatan terhadap permintaan properti komersial dan keputusan investasi di Kota Semarang. Journal of Economics and Banking, 2(2), 138–147.

Ramadhani, A., & Suryana, Y. (2020). Fluktuasi pendapatan dan dampaknya terhadap strategi pemasaran syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 9(3), 421–438.

Romli, O. (2019). Analisis peran pemerintah daerah Kota Cilegon dalam mengembangkan pasar tradisional guna meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen di Pasar Baru Merak-Cilegon. Jurnal Ilmiah Manajemen UPB, 8(1).

Rozalinda. (2015). Ekonomi Islam: Teori dan aplikasinya pada aktivitas ekonomi. Rajawali Pers.

Sadono, S. (2015). Mikroekonomi: Teori pengantar. Rajawali Pers.

Syaparuddin. (2017). Ilmu ekonomi mikro Islam: Peduli maslahah vs tidak peduli maslahah. Trust Media Publishing.

Published

2024-06-19

How to Cite

Ajeng Nur Muslikhah. (2024). Kiasan-Kiasan pada Teks Berita Tribun Jateng sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 92–100. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.769

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.