Pentingnya Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.280Keywords:
Cultural Literacy, Citizenship, GlobalizationAbstract
In the time of progressively progressed globalization, each individual high priority a solid comprehension of managing different societies and identities. Primary school is the ideal spot to collect this view all along. Social and urban proficiency alludes to a comprehension of different parts of culture and city values, as well as the capacity to relate in a genuine manner with individuals from different social layers. Making and reinforcing instructive improvement is a significant part in the endurance of a country in the period of globalization. Particularly as far as creating 21st century abilities and growing productive members of society, expanding education will augment HR.
Downloads
References
Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1).
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167-2173.
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali'in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99-107.
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 5631-5639.
Fayza, A. A., & Nugraha, D. M. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(1), 57-65.
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.
Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan bagi generasi milenial dalam menanamkan jiwa nasionalisme di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30-41.
Nisa, N., Hidayat, N. A. S. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2457-2646.
Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Hartati, T. (2020). Pembelajaran di Sekolah Dasar dari Prespektif Multiliterasi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT). Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(2).
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).
Setiawan, B. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran yang Berkaitan dengan Upaya Peningkatan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Masyarakat Indonesia, 46(1), 80-92.
Sari, I. P. (2022). Pengembangan Buku Dongeng Bilingual Berbasis Literasi Budaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 177-185.
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776.
Ahmadi, F.,& Ibda, H.(2019). Konsep Dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society5.0.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sintaksis : Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.