Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan : Analisis Metode dan Penerapannya

Authors

  • Laili Ramadhani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1532

Keywords:

Arabic language learning, Language immersion, Qur’anic education, Sorogan, Talaqqi

Abstract

This study examines the implementation of Arabic language learning based on the Qur'an at Mushollah Zubhatul Hasan, focusing on the sorogan and talaqqi methods. The sorogan method allows students to read directly in front of their teacher, receiving guidance on pronunciation, meaning, and sentence structure. This individual approach provides a more personalized learning experience, enabling students to receive immediate corrections. Meanwhile, the talaqqi method emphasizes listening and repeating the teacher’s recitation collectively, improving fluency, tajwid accuracy, and linguistic comprehension. Additionally, the practice of daily Arabic conversations in the Mushollah environment plays a crucial role in reinforcing language acquisition. Initially, students faced challenges in speaking Arabic, but continuous practice helped them develop confidence and fluency. This immersive approach allows students not only to learn Arabic theoretically but also to internalize it through practical use. The findings highlight that combining sorogan, talaqqi, and Arabic-speaking habits effectively enhances students’ Arabic proficiency, both in understanding Qur'anic texts and applying the language in daily interactions. This study underscores the importance of integrating structured teaching methods with real-life practice to achieve comprehensive Arabic language mastery in a religious learning setting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, A., & Sofa, A. R. (2024). Analisis perspektif Ismail Raji Al-Faruqi dan Seyyed Hossein Nasr tentang Islam dan sains. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 363–370.

Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan integrasi ilmu pengetahuan dan agama berdasarkan dalil Al-Qur’an: Studi kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan fokus pada teori Big Bang, embriologi, dan lapisan atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.

Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan nilai sosial, etika politik, dan pengambilan keputusan di era kontemporer: Kajian terhadap pengaruhnya dalam kehidupan sosial, kebijakan publik, demokrasi, kepemimpinan, hukum, ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep Islam rahmatan lil ‘alamin dalam pendidikan karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendidikan karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat pedesaan: Studi kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian pembelajaran PAI berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Strategi dan implementasi efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.

Laili, H. N., & Sofa, A. R. (2025). Analisis bahaya zina dalam kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman: Perspektif moral dan spiritualitas serta strategi pencegahannya dalam kehidupan sehari-hari. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 202–212.

Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif Islam di kehidupan modern: Tantangan, peluang, dan pengaruh teknologi dalam pembentukan karakter di era digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 13–26.

Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam perspektif Islam: Transformasi spiritualitas dan kontribusi sosial bagi kaum Muslim dalam kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 55–66.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai kesejahteraan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.

Rachmawati, D. A., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Peran ilmu pengetahuan dalam mewujudkan kehidupan mulia: Perspektif Islam, pemikiran Ibnu Qayyim dan Al-Ghazali, serta implikasinya dalam kehidupan dunia dan akhirat. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 224–236.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan etos kerja, profesionalisme, spiritualitas, inovasi, keseimbangan sosial, dan keberlanjutan Muslim modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.

Sofa, A. R. (2023a). إيكاندو لتعلم اللغة العربية عند الطفولة المبكرة في عصر الرقمنة 5.0 (Icando) استخدام. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 13(2), 287–295.

Sofa, A. R. (2023b). استراتيجيات لزيادة التعلم الذاتي التنظيم لطلاب اللغة العربية في إتقان اللغة عصر الاضطراب. ’Arabiyya: Jurnal Studi Bahasa Arab, 12(2), 242–261.

Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat fi Ta’lum al-Lugha al-’Arabiyya min Khilal al-Dhaka’ al-Istina’i: Istratijiyat fa’ala litahsin itqan al-lugha al-’Arabiyya fi al-Jami’a al-Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R., & Aziz, A. (2024). Development of professional competence for Arabic language teachers at Madrasah Aliyah Model Hafshawaty Zainul Hasan Genggong. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 3(2), 128–143.

Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2024). Variasi keragaman linguistik bahasa Arab di negara Arab dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 517–542.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Sofa, A. R., Muttaqin, A. I., Tohet, M., Mundir, M., Machfudi, M. I., & Mukniah, M. (2023). Revolutionizing Islamic religious education in the age of Society 5.0 through curriculum innovation at Merdeka Learning Merdeka Campus (MBKM). IJIE International Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pembelajaran tajwid sebagai sarana tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, tantangan, dan dampaknya terhadap pemahaman keislaman siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Syakdiyah, H., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Keutamaan ilmu sebagai fondasi dalam membangun peradaban Islam di era modern: Perspektif nilai dan relevansi kontemporer. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 43–54.

Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam membangun karakter mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 27–42.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi pembelajaran maharatul qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan solusi dalam meningkatkan kualitas kefasihan bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi dalam kehidupan peserta didik di MTS Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Laili Ramadhani, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan : Analisis Metode dan Penerapannya. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400. https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1532

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.