Peningkatan Kemampuan Menggunakan Huruf Kapital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pemberian Tugas Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 3 Barru
DOI:
https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i2.1525Keywords:
Applying The Assignment, Method, Student, StudyAbstract
This research aims to determine the increase in the ability to use capital letters in class VI students by Applying The Assignment method in Indonesian language learning. This research is classroom action research, namely research carried out in the classroom as an effort to examine, analyze and critically a teacher's learning plan, teacher interactions with students, and how students interact in class. Increased implementation of the learning process in class from cycle I with an average score of 62,37% with the category not having reached the predetermined success criteria, and in cycle II with a score reaching 84,04%. This means that the research indicators have been achieved and there is no need to continue in the next cycle.
Downloads
References
Anggraini, D. D., Arafik, M., & Rini, T. A. (2023). Pengembangan modul menulis kalimat efektif untuk siswa kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 137-149.
Aqwal, S. M., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas 2 SDN Karawaci 1 Kota Tangerang. TSAQOFAH, 2(3), 326-343.
Hidayat, A. (2019). Efektivitas metode pemberian tugas dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 50-62.
Mulyati, S. (2022). Kemampuan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada penulisan karangan deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495-2504.
Nita, O. (2021). Penggunaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 271-280.
Rahmawati, T. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis siswa. Jurnal Literasi Pendidikan, 7(2), 125-140.
Sardiman, A. M. (2010). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Setiawan, D. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 210-225.
SI, S. S., & Astuti, Y. (2020). Hubungan penerapan metode penugasan dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Siburian, L. (2018). Analisis kesalahan penulisan huruf kapital oleh mahasiswa PGSD semester II kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 81-87.
Susanti, R. (2022). Pembelajaran berbasis tugas dalam meningkatkan keterampilan menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 95-110.
Utami, L. (2018). Analisis kesalahan ejaan dalam tulisan siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 178-190.
Wahyuni, S. (2019). Penerapan model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 45-60.
Wiarsih, C., & Bintaro, T. Y. (2014). Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui metode penugasan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).
Widya, A. (2010). Panduan penggunaan huruf kapital dalam bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Widyawati, K., & Indihadi, D. (2020). Analisis kesalahan penulisan huruf kapital siswa kelas II. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 13-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.