Peran Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Peningkatan Kualitas Berbahasa dalam Pendidikan

Authors

  • Wisnu Nurjaman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Desta Naufal Pandhya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gilbran Shauma Aldebaran Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risyad Ben Buzzardy Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.643

Keywords:

Education, KBBI, Language

Abstract

Language is a communication tool used by humans to convey thoughts, feelings and ideas. In the world of education, use of good language can help students to understand the material easily. This study aims to determine the role of KBBI in influencing the improvement of students language quality. The research method used is descriptive qualitative, this research was conducted 36 respondents of high school students and students who are undergraduate education. The results show that although many were initially unfamiliar with KBBI, academic needs encourage them to use it, usually they access the KBBI through applications and websites. KBBI helps in improving language understanding, enriching vocabulary and can develop good and correct language skills. KBBI should be introduced early in the curriculum to cultivate literacy and improve language qualitu.

References

Amalia, F. H., Aufa, G. A. I. N., Hastuti, N. P., Farida, V. C., & Ulya, C. (2021). Analisis kesalahan berbahasa pada tataran morfologi laman Kompasiana edisi November 2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 284-291.

Ammah, E. S., & Lestari, S. (2020). Berbahasa (Indonesia) dengan tampan dan berani: Menuju jalan literasi kritis dalam pragmatisme pembelajaran. FKIP e-PROCEEDING, 63-74.

Basharuddin, N. A., & Mohamad, H. (2015). Kamus dan peranannya dalam meningkatkan minat kanak-kanak mempelajari bahasa. Jurnal Antarabangsa Alam dan Tamadun Melayu (Iman), 3(1), 79-89.

Budiwiyanto, A. (2009). Penyerapan kosakata bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia pada Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat. Mabasan, 3(1), 1-14.

Damayanti, S. (2013). Penggunaan media kamus dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan di kelas VIID SMP Negeri 3 Gianyar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(7).

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka belajar: Solusi revolusi pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 19-22.

Pratama, P. M., & Putikadyanto, A. P. A. (2023). Analisis user interface dan user experience Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 434-442.

Purwanto, D., & Filia, F. (2020). Fungsi strategis bahasa dalam kegiatan ekonomi: Sebuah kajian linguistik lanskap iklan restoran di kota Pontianak. LITERATUS, 2(2), 123-132.

Ramadan, S., & Mulyati, Y. (2020). Makna kata dalam bahasa Indonesia (salah kaprah dan upaya perbaikannya). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 90-105.

Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2023). Peran bahasa dalam penerapan ilmu pengetahuan. Journal on Education, 5(2), 2981-2987.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam pembelajaran kosakata baku dan tidak baku pada siswa kelas IV SD. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 44-51.

Soegijono, M. S. (1993). Wawancara sebagai salah satu metode pengumpulan data. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 3(1), 157152.

Sudaryanto, S. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima dalam pembelajaran bahasa Indonesia (perspektif filsafat pendidikan bahasa). Lateralisasi, 8(2), 92-99.

Sutami, D. P. H. (2020). Pendefinisian objek dan pelengkap dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai penunjang literasi. Linguistik Indonesia, 179.

Syukri, M., Sirulhaq, A., & Djafar, S. (2017). Konsep pemerkayaan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan politik bahasa dalam dinamika global. FKIP e-PROCEEDING, 1-10.

Taufiq, M., Maliki, D. O., Maldini, A. S., Ekamartha, K. N., Saputra, K. N. C., Ahmad, S. H., & Sholihatin, E. (2023). Pentingnya etika berbahasa sebagai upaya pencegahan kasus kejahatan berbahasa di media digital. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 2116-2125.

Wahdah, Y. A., Muhajir, M., & Abdullah, A. W. (2023). Kamus online sebagai media penerjemahan teks bagi calon guru bahasa Arab. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 138-150.

Wiyanti, E. (2014). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6(02), 89-100.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.

Published

2024-05-24

How to Cite

Wisnu Nurjaman, Desta Naufal Pandhya, Gilbran Shauma Aldebaran, & Risyad Ben Buzzardy. (2024). Peran Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Peningkatan Kualitas Berbahasa dalam Pendidikan. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 230–237. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.643

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.