Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Authors

  • Nazla Asyifa Universitas Negeri Padang
  • Putri Azizah Universitas Negeri Padang
  • Valen Tania Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.851

Keywords:

Writing, descriptive text, elementary school

Abstract

Writing descriptive text is an activity carried out by someone in telling or describing a particular object so that the reader will be able to know clearly what the general description of the object being discussed is. At the elementary school level, when learning Indonesian, writing descriptive texts is one of the learning achievements that must be achieved by students. The development of descriptive text writing skills can be achieved using the problem based learning method so that it allows students to think critically during learning so as to improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Dimas Yusuf, ‘Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi’, PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1.1 (2020), 62–66

Ariga, Hijrah Purnama Sari. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks

Ariyana, Ariyana, Intan Sari Ramdhani, and Sumiyani Sumiyani, ‘Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi’, Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3.2 (2020), 356–70 <https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112>

Jamal, Sherlina, Syamsuddha, and M Taufik, ‘Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Kelas VII SMP Negeri 3 Dungguminasa Kabupaten Gowa’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3.1 (2018), 1–12 <http://eprints.unm.ac.id/11577/>

Justika, Munirah Munirah, and Rosdiana Rosdiana, ‘Kemampuan Menganalisis Struktur Bahasa Pada Teks Deskripsi Kelas ViIISMPN 10 Barru’, DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2.2 (2022), 129–36 <https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.252>

Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende : Nusa Indah

Kholilah, N. (2017). Analisis Kevariatifan Prefiks pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII A MTs Negeri Genteng Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Larlen, Nurfatimah Pembimbing I. Drs H., and M. M. Rasdawita. "Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII E SMP N 11 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017."

Lusita, J., & Emidar, E. (2019). Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 113-120.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mondolalo, Darminton, and Mulyadi, ‘Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual’, Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2.5 (2023), 693–700 <https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530>

Naibaho, Lamria. Analisis Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Diss. Unimed, 2017.

Nurfidah, Nurfidah. "Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram." JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 3.1 (2019).

Putri, Octa Stafia, and Ena Noveria, ‘Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP SIMA Padang’, Alsys, 3.3 (2023), 228–45 <https://doi.org/10.58578/alsys.v3i3.1044>

Rahmadani, Meli, ‘Karakteristik Struktur Dan Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7.2 (2022), 182 <https://doi.org/10.29210/30031714000>

Sanita, Sri, Rusdial Marta, and Nurhaswinda Nurhaswinda. "Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Pembelajaran Field Trip." Journal on Teacher Education 2.1 (2020): 239-246.

Sarini, B. (2019). Peningkatan Kemampuan Menentukan Struktur Teks Deskripsi Melalui Metode Problem-Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Published

2024-07-02

How to Cite

Nazla Asyifa, Putri Azizah, & Valen Tania. (2024). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 244–252. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.851

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.