Fonologi Dalam Konteks Puisi Untuk Menyajikan Materi Pembelajaran Yang Menarik dan Menginspirasi

Authors

  • Anwarsani Anwarsani SLBN-1 Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Markiah Markiah SMP Negeri 2 Dedai
  • Wiwin Muliani SMP Negeri 6 Kayan Hilir
  • Lynet Lynet SMP Negeri 6 Ketungau Hulu
  • Perasi Perasi SMP Negeri 7 Kayan Hilir
  • Nabila Salwa SMK Karsa Mulya
  • Levi Al Kausar MTs Hidayatul Insan Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i4.351

Keywords:

phonology, poetry, meaning, teaching, and inspiring

Abstract

The aim of this article is to delve into the understanding of how phonology can be a key factor in unlocking the meaning and beauty of poetry. By exploring the role of phonology, readers will be introduced to the often-overlooked dimension of sound in the interpretation of poetry. Additionally, the article contributes innovative and engaging teaching strategies, focusing on phonology instruction within the context of poetry. Each presented strategy is expected to enhance the material's appeal, making the learning experience more captivating for students.

References

Anwarsani, A., Santa, S., Enisyahwate, E., Juhairiyani, J., Adithama, T., & Salwa, N. (2023). Tafsir Rasa Dalam Puisi Linguistik Cinta Karya Misnawati untuk Mengurai Kata-Kata Penuh Makna. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 1(5), 119-130.

Anwarsani, A. (2023). Puisi “Keindahan Alam, Kelana Cinta” Karya: Misnawati untuk Sarana Siswa Mencintai Tempat Wisata di Indonesia. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 215-228.

Anwarsani, A., Erniwati, E., Mahdalena, M., Apianson, A., Najmi, H., Suwartini, S., ... & Fadillah, H. (2023). Mengajarkan Pancasila Melalui Puisi Berjudul “Pancasila Dasar Negara” Karya: Misnawati. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 1(3), 44-58.

Alfiya, Z., Perdana, I., Linarto, L., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Metafora Dalam Lirik Lagu Album Berhati Karya Sal Priadi. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 244-259. https://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/view/146 (diakses 2 Mei 2023)

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Dalam Kumpulan Puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berduakarya Boy Candra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 36-44.

Misnawati, M. (2023). Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya: Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 185-193.

Misnawati, M. (2023). Linguistik Cinta. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1-68.

Misnawati, M., Admojo, W., Diplan, D., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Kajian Ekopuitika Dalam Pantun Nasihat Karya Anwarsani. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(1), 256-272.

Misnawati, M., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., Devi, K., Melinda, M., ... & Salwa, N. (2023). Pantun Nasihat Pada Label Kemasan Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Donat dengan Bahan Dasar Labu Kuning untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLBN 1 Palangka Raya. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 58-75.

Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Saputra, N., Nurachmana, A., Putri, H. A. R., Sidarwati, N., & Sarcie, S. (2022, May). Majas Perulangan Dalam Buku Antologi Puisi Guru “Tentang Sebuah Buku dan Rahasia Ilmu” Serta Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 60-74).

Sitorus, K. S., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Poerwadi, P., & Mingvianita, Y. (2023, April). Penggunaan Model PJBL Pada Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Pemanfaatan Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas X IPS-1 Semester II SMA Negeri 5 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2022/2023. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 155-170).

Tiadilona, W., Munaris, M., & Prasetyo, H. (2023, May). Analisis Pendekatan Struktural Pada Puisi Berjudul “SILHUET” Karya Taufiq Ismail. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 236-250).

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Anwarsani Anwarsani, Markiah Markiah, Wiwin Muliani, Lynet Lynet, Perasi Perasi, Nabila Salwa, & Levi Al Kausar. (2024). Fonologi Dalam Konteks Puisi Untuk Menyajikan Materi Pembelajaran Yang Menarik dan Menginspirasi. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 251–263. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i4.351

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)