Fiqh Al-Lughah Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Ilmu Nahwu

Authors

  • Ifrohatul Hamidah universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ainur Rofiq Sofa universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1812

Keywords:

Fiqh al-Lughah, Nahwu, Arabic Grammar, Linguistic History

Abstract

Fiqh al-Lughah is a discipline that examines the philosophical and historical aspects of the Arabic language, including the factors influencing its development. One of the most rapidly growing branches of Arabic language studies is Nahwu (grammar), which plays a crucial role in understanding linguistic structures and rules. This study aims to analyze the relationship between Fiqh al-Lughah and the development of Nahwu and how a deeper understanding of Fiqh al-Lughah contributes to the analysis and application of Nahwu rules. This research employs a qualitative method with a descriptive-analytical approach based on classical and modern literature reviews. The findings indicate that Fiqh al-Lughah significantly influences the formation of Nahwu theories, particularly in the historical development of grammatical rules, word classification, and syntactic concepts in Arabic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pembelajaran dalam Membaca Teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.

Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Berdasarkan Dalil Al-Qur’an: Studi Kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan Fokus pada Teori Big Bang, Embriologi, dan Lapisan Atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.

Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman Makna Harfiah dan Majazi dalam Bahasa Arab: Potret Kemampuan Siswa SMP Lubbul Labib. In Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 2).

Astutik, S. F., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Naht dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi Interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Izzul Islam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 214–228.

Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Meningkatkan Kompetensi Maharoh Qiroah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.

Efendy, L., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Meningkatkan Minat Membaca melalui Pemilihan Teks Bahasa Arab yang Menarik di PP Darut Tauhid Patemon. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2), 354–366.

Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.

Hasanah, L., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Morfologi Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia: Studi Kasus di MI Nidhamiyah Ketompen Pajarakan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 156–168.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi Dalam Pengembangan Pemikiran Aswaja di Pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Masyarakat Pedesaan: Studi Kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope:: Strategi dan Implementasi Efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.

Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong Berdasarkan Ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.

Lathifah, W., & Shofa, A. R. (2025). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata dan Kalimat dalam Bahasa Arab Santri Musholla Al-Masykurin Melalui Metode Interaktif. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 215–229.

Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi Cinta Kepada Nabi Muhammad Menurut Al-Qur’an, Hadis, dan Pendapat Ulama dalam Kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.

Maghfiroh, D., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). The Implementation of the Book Nahwu Al-Wadhih in Grammar Learning to Enhance the Proficiency in Reading Classic Arabic Literature. Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal, 5(1), 37–50.

Mardiyah, A., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pengembangan Mufradat Bahasa Arab dalam Pembelajaran Kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 364–373.

Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Perspektif Islam: Transformasi Spiritualitas dan Kontribusi Sosial bagi Kaum Muslim dalam Kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 55–66.

Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan Teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, Klasifikasi, dan Implementasi dalam Kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Keluarga: Strategi Pembinaan Iman, Ibadah, dan Akhlak di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Nafila, D. P., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Strategi’Akhbārīyah’untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas V SDN Puspan Maron Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 399–415.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi Kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.

Rachmawati, D. A., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Peran Ilmu Pengetahuan Dalam Mewujudkan Kehidupan Mulia: Perspektif Islam, Pemikiran Ibnu Qayyim Dan Al-Ghazali, Serta Implikasinya Dalam Kehidupan Dunia Dan Akhirat. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 224–236.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis Metode dan Penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Rosida, S., & Sofa, A. R. (2025). Analisis Teks Sejarah dan Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santri Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 169–184.

Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pendekatan Holistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. In Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2).

Salsabela, K., & Sofa, A. R. (2025). Kosakata Serapan dalam Bahasa Arab pada Buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk: Kajian Linguistik Kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 348–363.

Slama, S., & Sofa, A. R. (2025). Meningkatkan Pemahaman Bahasa Arab Melalui Analisis Teks Pendek di Madrarah Ibtidaiyah Nurul Hasan Kertosono Gading Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 423–436.

Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat Fi Ta’lum Al-Lugha Al-’Arabiyya Min Khilal Al-Dhaka’Al-Istina’i: Istratijiyat Fa’ala Litahsin Itqan Al-Lugha Al-’Arabiyya Fi Al-Jami’a Al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R. (2025). Application Of Various Interactive Assessment Models To Increase The Effectiveness Of Measuring The Arabic Learning Process And Improve Learners’ Skills. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 6(1), 20–38.

Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan Strategi pada Siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.

Sofa, A. R., & Erviana, I. (2025). Program Pengabdian Kemasyarakatan: Optimalisasi Pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(3), 221–232.

Sofa, A. R., & Febrianti, A. (2025). Dialektologi Bahasa Arab: Analisis Perbedaan Linguistik Berdasarkan Kajian Pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87.

Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. 5, 720–727.

Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. (2025). Penilaian Pembelajaran PBA Berbasis Google Data Studio Power Bi, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107–116.

Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pembelajaran Tajwid sebagai Sarana Tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, Tantangan, dan Dampaknya terhadap Pemahaman Keislaman Siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam Kajian Linguistik: Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Arab Pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.

Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam Membangun Karakter Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 27–42.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi Dalam Kehidupan Peserta Didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.

Zummah, A. A., & Sofa, A. R. (2025). Keefektifan Teknik Membaca Cepat dalam Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon Krejengan Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 199–213.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Ifrohatul Hamidah, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Fiqh Al-Lughah Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Ilmu Nahwu. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(3), 210–221. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1812

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.