Melatih Kemampuan Bahasa Arab pada Siswa dalam Pembuatan atau Pembacaan Iklan di Madrasah Ibtidaiyah Tadzibun Nasyiin

Authors

  • Nuril Isabillah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1785

Keywords:

Advertisement Making, Arabic, Creativity, Elementary School

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of advertising-based learning strategies in training Arabic language skills of students at Tadzibun Nasyiin Elementary School. By utilizing the activity of making and reading advertisements both posters, brochures, and oral announcements students are encouraged to apply Arabic vocabulary and sentence structures contextually. Descriptive qualitative methods were used through classroom observations, interviews with teachers and students, and documentation of the results of advertising work. The results showed an increase in active participation and student confidence by an average of in the aspects of Arabic speaking and writing skills. The activity of making advertisements successfully facilitated the use of new vocabulary, while reading advertisements trained fluency and pronunciation. Thus, advertising-based strategies are recommended as an innovative alternative in Arabic language learning at the elementary school level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pembelajaran dalam membaca teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.

Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan integrasi ilmu pengetahuan dan agama berdasarkan dalil Al-Qur’an: Studi kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan fokus pada teori Big Bang, embriologi, dan lapisan atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.

Anam, O. (2019). VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.

Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman makna harfiah dan majazi dalam bahasa Arab: Potret kemampuan siswa SMP Lubbul Labib. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2).

Astutik, S. F., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Naht dalam pembelajaran bahasa Arab: Strategi interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Izzul Islam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 214–228.

Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan kompetensi maharoh qiroah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.

Hasanah, L., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan morfologi bahasa Arab dalam bahasa Indonesia: Studi kasus di MI Nidhamiyah Ketompen Pajarakan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 156–168.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendidikan karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat pedesaan: Studi kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian pembelajaran PAI berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Strategi dan implementasi efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.

Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.

Lathifah, W., & Shofa, A. R. (2025). Peningkatan kemampuan membaca kata dan kalimat dalam bahasa Arab santri Musholla Al-Masykurin melalui metode interaktif. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 215–229.

Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi cinta kepada Nabi Muhammad menurut Al-Qur’an, Hadis, dan pendapat ulama dalam Kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.

Mardiyah, A., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pengembangan mufradat bahasa Arab dalam pembelajaran kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 364–373.

Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, klasifikasi, dan implementasi dalam kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Nafila, D. P., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan strategi ‘Akhbārīyah’ untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa kelas V SDN Puspan Maron Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 399–415.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai kesejahteraan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis metode dan penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Rosida, S., & Sofa, A. R. (2025). Analisis teks sejarah dan geografi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab santri Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 169–184.

Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendekatan holistik dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2).

Salsabela, K., & Sofa, A. R. (2025). Kosakata serapan dalam Bahasa Arab pada buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk: Kajian linguistik kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 348–363.

Sholeh, M. H., Farid, E. K., & Sofa, A. R. (2025). An analysis of Nahwu learning difficulties among students of Zainul Hasan Genggong Islamic Boarding School. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 4(2).

Sofa, A. R. (2025). Application of various interactive assessment models to increase the effectiveness of measuring the Arabic learning process and improve learners’ skills. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 6(1), 20–38.

Sofa, A. R., & Erviana, I. (2025). Program pengabdian kemasyarakatan: Optimalisasi pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(3), 221–232.

Sofa, A. R., & Febrianti, A. (2025). Dialektologi Bahasa Arab: Analisis perbedaan linguistik berdasarkan kajian pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87.

Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.

Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran PAI berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI: Motivasi dan konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. Indonesian Research Journal on Education, 5, 720–727.

Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. (2025). Penilaian pembelajaran PBA berbasis Google Data Studio Power BI, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107–116.

Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Google Form, GoReact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pembelajaran Tajwid sebagai sarana Tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, tantangan, dan dampaknya terhadap pemahaman keislaman siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam kajian linguistik: Peran terhadap perkembangan Bahasa Arab pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.

Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam membangun karakter mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 27–42.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan solusi dalam meningkatkan kualitas kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi dalam kehidupan peserta didik di MTS Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.

Zummah, A. A., & Sofa, A. R. (2025). Keefektifan teknik membaca cepat dalam Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon Krejengan Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 199–213.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Nuril Isabillah, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Melatih Kemampuan Bahasa Arab pada Siswa dalam Pembuatan atau Pembacaan Iklan di Madrasah Ibtidaiyah Tadzibun Nasyiin. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(3), 144–156. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1785

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.