Isytiqaq, Taraduf, Isytirok, dan Tadladh: Pilar-Pilar Semantik dalam Bahasa Arab Klasik

Authors

  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Holifatul Munawaroh Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1809

Keywords:

Arabic Semantics, Isytiqaq, Isytirok, Tadladh, Taraduf

Abstract

. This article explores four foundational pillars of Arabic semantics: Isytiqaq (derivation), Taraduf (synonymy), Isytirok (polysemy), and Tadladh (antonymy). These concepts are crucial for understanding the dynamic and layered nature of meaning in classical Arabic texts, including the Qur'an, Hadith, and classical Arabic literature. Isytiqaq provides insight into the origin and development of words through their root structures, while Taraduf illustrates the richness of Arabic vocabulary through synonymous expressions. Isytirok addresses the phenomenon of a single word carrying multiple meanings based on context, and Tadladh reveals semantic oppositions that enhance rhetorical expression and textual clarity. This study emphasizes the importance of these four semantic pillars in linguistic analysis and interpretation, highlighting their role in the beauty and precision of the Arabic language.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, A., & Sofa, A. R. (2024). Analisis perspektif Ismail Raji Al-Faruqi dan Seyyed Hossein Nasr tentang Islam dan sains. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 363–370.

Agustini, A., & Sofa, A. R. (2025). Mencintai karena Allah: Konsep dan aplikasinya dalam kehidupan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits serta implikasinya di Kampus Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–41.

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pembelajaran dalam membaca teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.

Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan integrasi ilmu pengetahuan dan agama berdasarkan dalil Al-Qur’an: Studi kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan fokus pada teori Big Bang, embriologi, dan lapisan atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2024). Ilmu sebagai kunci kesuksesan dunia dan akhirat menurut Al-Qur’an dan Hadist. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 3(4), 118–125.

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.

Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman makna harfiah dan majazi dalam bahasa Arab: Potret kemampuan siswa SMP Lubbul Labib. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2).*

Astutik, S. F., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan naht dalam pembelajaran bahasa Arab: Strategi interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Izzul Islam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 214–228.

Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan kompetensi maharoh qiroah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.

Efendy, L., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan minat membaca melalui pemilihan teks bahasa Arab yang menarik di PP Darut Tauhid Patemon. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(2), 354–366.

Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan nilai sosial, etika politik, dan pengambilan keputusan di era kontemporer: Kajian terhadap pengaruhnya dalam kehidupan sosial, kebijakan publik, demokrasi, kepemimpinan, hukum, ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep Islam rahmatan lil’alamin dalam pendidikan karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025a). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025b). Strategi, implementasi, dan peran pengasuh dalam pengembangan pendidikan agama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 152–172.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendidikan karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat pedesaan: Studi kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.

Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi konsep mawaddah wa rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadits: Strategi psikologi keluarga untuk membangun keharmonisan rumah tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian pembelajaran PAI berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Strategi dan implementasi efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.

Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.

Laili, H. N., & Sofa, A. R. (2025). Analisis bahaya zina dalam kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman: Perspektif moral dan spiritualitas serta strategi pencegahannya dalam kehidupan sehari-hari. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 202–212.

Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi cinta kepada Nabi Muhammad menurut Al-Qur’an, Hadis, dan pendapat ulama dalam Kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.

Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif Islam di kehidupan modern: Tantangan, peluang, dan pengaruh teknologi dalam pembentukan karakter di era digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 13–26.

Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam perspektif Islam: Transformasi spiritualitas dan kontribusi sosial bagi kaum Muslim dalam Kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 55–66.

Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, klasifikasi, dan implementasi dalam kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.

Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.

Muhammad, B., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Islam dan hak asasi manusia dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi di SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani Rangkang Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 76–91.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Ainur Rofiq Sofa, & Holifatul Munawaroh. (2025). Isytiqaq, Taraduf, Isytirok, dan Tadladh: Pilar-Pilar Semantik dalam Bahasa Arab Klasik. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(3), 188–197. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1809

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.