Analisis Sintaks Desain Evaluasi Pembelajaran Sastra Melalui Model Project Based Learning (PjBL) di UPT SMP Negeri 17 Medan
DOI:
https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1205Keywords:
Syntax, Evaluation Design, Literature Learning, Project Based Learning (PjBL), SMPAbstract
This research aims to design syntax in literature learning using the Project Based Learning (PjBL) model at UPT SMP Negeri 17 Medan. This research focuses on the effectiveness of applying PjBL syntax in improving students' literary understanding, critical thinking skills and creativity. This research uses a qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interviews and documentation. Research findings reveal that the application of the PjBL model in literature learning has a positive impact on student engagement and in-depth understanding of literary material. Project-based evaluations also help students develop collaboration and communication skills. Systematic implementation of PjBL syntax provides a clear and effective learning structure, thereby improving the overall quality of learning.
Downloads
References
Ariyana, A., Purawinangun, I. A., & Rojudin, R. (2022). Evaluasi pembelajaran sastra sebagai alternatif peningkatan belajar di sekolah. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 23-30.
Dewi, A. (2021). Pembelajaran berbasis proyek dalam peningkatan keterampilan abad 21 pada siswa. Penerbit Andi.
Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi pembelajaran tematik terpadu daring siswa kelas V SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455-465.
Gunawan, A. (2021). Pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran sastra di sekolah menengah. Pustaka Edukasi.
Guntur, A. P., Kartadinata, S., & Rachmawati, Y. (2022). Meningkatkan kualitas penilaian dan evaluasi di dunia pendidikan.
Hamzah, R. (2020). Interaksi dan diskusi dalam pembelajaran sastra: Membangun pemahaman siswa terhadap karya sastra. Alfabeta.
Hasanah, L. (2020). Evaluasi yang kaya metode dalam pembelajaran sastra untuk mengembangkan keterampilan siswa. Penerbit Erlangga.
Hendra, A., Sumarno, P., & Dwijayanti, I. (2021). Analisis kesulitan penyusunan instrumen penilaian bagi guru sekolah dasar di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Reban. Jurnal Pendidikan, 6(2), 1-18.
Kemendikbud. (2020). Panduan implementasi pembelajaran berbasis proyek. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Khairiah, K., Hasanah, L., & Pertiwi, Y. (2022). Peran fungsi evaluasi dalam lembaga pendidikan (program pembelajaran). Nuansa, 15(1).
Kurniasih, R. (2020). Peran sastra dalam pengembangan empati dan pemahaman emosional siswa. Bumi Aksara.
Kusumaningrum, R. (2021). Implementasi project-based learning dalam meningkatkan keterampilan analitis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 123-134.
Kusumawati, D. (2022). Refleksi dalam pembelajaran berbasis proyek sebagai sarana pengembangan diri siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 87-95.
Mardiana, D., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan pembelajaran abad-21: Mewujudkan kompetensi guru kelas dalam mengaplikasikan metode pengajaran bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1-18.
Maslani, M., Muslim, A. N., Nabilah, C., & Komariah, C. (2024). Konsep evaluasi pengembangan bahan ajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 916-931.
Nugraha, F. (2019). Analisis teks sastra: Teori dan penerapannya di sekolah menengah. Kencana.
Pohan, N. A., Amini, A., Mawaddah, T., Batubara, I. H., & Rahmah, F. (2023). Pengembangan alat evaluasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30701-30705.
Purnomo, S. (2023). Peran guru dalam pembelajaran berbasis proyek. Pustaka Belajar.
Putra, M., & Prasetyo, W. (2022). Relevansi project-based learning dengan kurikulum merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 11(3), 159-172.
Putri, N. K., Hayati, Z., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan kurikulum kelompok bermain. JIMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 1(01), 149-158.
Ramadhani, N. H., Prayudha, R., Bone, N. R., Zahroddar, Z., & Hasibuan, S. (2024). Peran desain evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 223-233.
Resya, K. N. P. (2023). Evaluasi pembelajaran dalam ranah aspek kognitif pada jenjang pendidikan dasar pada MI Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2).
Santoso, B. (2019). Relevansi karya sastra dengan realitas sosial dalam pendidikan sekolah. Penerbit Erlangga.
Sesrita, A., & Febriani, A. (2024). Tantangan dan solusi guru dalam merancang RPP Kurikulum 2013. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1-8.
Setiawan, B. (2023). Pendekatan holistik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penerbit Andi.
Setyowati, R. (2020). Keterampilan berpikir kritis melalui project-based learning. Bandung: Alfabeta.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.
Sudjana, D. (2019). Pembelajaran berbasis proyek dan implementasinya di sekolah. Media Edukasi.
Sudjana, N. (2020). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarno, H. (2019). Penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sastra di sekolah. Penerbit Deepublish.
Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi program gerakan literasi sekolah (Gelis) di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355-362.
Utami, S. (2022). Pembelajaran sastra dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Angkasa.
Wahib, A. (2021). Manajemen evaluasi program supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 91-104.
Wardarita, R., Sundari, L., Natalia, A., Muryati, M., & Habiburrahman, F. (2024). Studi literatur: Analisis kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada era merdeka belajar. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 1591-1598.
Wicaksono, W. (2022). Evaluasi belajar dalam pendidikan Islam. Honai, 4(1), 95-105.
Yusuf, M. (2021). Evaluasi pembelajaran sastra di era digital. Rajawali Press.
Zainuddin, A. (2021). Diskusi kelompok dalam pembelajaran sastra untuk mengembangkan keterampilan analitis siswa. Pustaka Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.