Analisis Model dan Strategi Pembelajaran Prosa pada Pembelajaran Hikayat di SMK Negeri 4 Medan
DOI:
https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1201Keywords:
Prose Learning, Hikayat, Learning StrategiesAbstract
This study aims to analyze the models and strategies of prose teaching, specifically Hikayat, at SMK Negeri 4 Medan. The teaching of prose plays a significant role in enhancing students' literacy, deepening appreciation for literary works, and instilling moral and local cultural values. The method used in this study is descriptive qualitative, which includes observation, interviews, and documentation, with an emphasis on the implementation of teaching strategies by Indonesian language teachers. The results of the study show that the learning process at this vocational school faces various challenges, such as low student interest and limitations in literacy. To address these issues, teachers integrate theory with practice, utilize multimedia-based technology, and implement group discussions to encourage active student participation. Evaluation is conducted through student work presentations, combining literacy assessment and speaking skills. Recommendations from this study include the development of innovative, technology-based approaches and increased student engagement in the learning process to create more effective and meaningful learning experiences.
Downloads
References
Adilah, G. P., & Rosyida, F. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kritis geografi: Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan microlearning di MAN 1 Malang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 466–483.
Harahap, R. (2024). Menulis kreatif sastra. Medan: CV Kencana Emas Sejahtera.
Hasminur, H., Charlina, C., & Sinaga, M. (2024). Efektivitas penggunaan video stop motion dalam menentukan nilai sebagai implementasi pembelajaran teks hikayat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 112–125.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443.
Ilman Yaqien, & Umami, S. (2019). Pengembangan strategi Batara (Baca, Tantang, Bicara) pada pembelajaran membaca prosa fiksi (novel remaja asli atau terjemahan) pada siswa MTs NW Perian. Solid, 9(2), 2087–8931.
Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian literatur metode tanya jawab pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Jumroh, A. F. S., Witdianti, Y., & lainnya. (2022). Apresiasi sastra melalui penerapan tadarus sastra pada mata kuliah kajian dan apresiasi prosa fiksi. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 465–471.
Lestari, W., & Yusuf, N. (2022). Kemampuan literasi prosa anak pada tingkat sekolah dasar di DKI Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 107–112.
Marzuki, M., & Boroneo, D. S. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas VII SMPN 1 Ambalau. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 356–365.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran magic board untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155.
Nazurti, N. (2017). Studi kasus pembelajaran apresiasi prosa di kelas V SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 2(1).
Parihah, I., Rosita, T., Saabighoot, Y. A., & Houtman, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kreatif. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(1), 25–34.
Pradana, M. F. A., Zahro, A., & Widyartono, D. (2023). Desain pembelajaran model ASSURE dalam pembelajaran menulis kreatif berbasis media Plotagon di era merdeka belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 12(1), 13–30.
Pranata, B. D., Mahdiyah, U., & Kasih, P. (2023). Pemodelan gaya belajar siswa dengan menggunakan support vector machine. Nusantara of Engineering (NOE), 6(2), 144–150.
Rahmawati, M., Nurachim, R. I., Supeno, W., & Lestari, A. F. (2024). Transformasi kreatif pelatihan artificial intelligence menggunakan Canva untuk meningkatkan keterampilan presentasi siswa MTs Darul Hikmah. Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa, 4(1), 22–35.
Salsabila, S., Abidin, Y., & lainnya. (2022). Analisis perbandingan hasil pembelajaran prosa dengan metode CIRC dan Jigsaw di sekolah dasar. Jurnal PGSD Indonesia, 8(1), 21–30.
Sauri, R., & Khairunnisa, D. (2023). Analisis metode pembelajaran IPA di kelas IV pada MI Darul Huda. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 179–185.
Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905.
Sugiartinengsih, R. (2024). Penerapan media pembelajaran articulate story line 3 sebagai pembelajaran diferensiasi pada materi teks hikayat. Jurnal Guru Indonesia, 4(1), 61–70.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, U., & Artika, I. W. (2024). Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra pada kurikulum merdeka di kelas tinggi tingkat sekolah dasar. Nivedana: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 508–514.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.