Analisis Sosiologi Sastra pada Puisi Karya Emha Ainun Nadjib yang Berjudul “WIRID ORANG TERTINDAS” Sebagai Pembelajaran Sastra di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1423Keywords:
Sociology of literature, Religiosity, Love TriangleAbstract
This study aims to analyze the religious values in the poem Wirid Orang Tertindas by Emha Ainun Nadjib. The method used in this study is descriptive qualitative through a religious approach, the data collection technique in this study is using the reading and note-taking technique. In accordance with the results of the study, religious values are found in the poem Wirid Orang Tertindas by Emha Ainun Nadjib, including the values of faith and piety. Based on the results of the analysis, literary works that contain religious values can be used as learning in society.
Downloads
References
Aisyah, N. L. (2007). Panduan apresiasi puisi dan pembelajarannya. Rumput Merah.
Aisyah, N. Udu, S., & Yunus. (2024). Nilai religius dalam antologi puisi Cinta di Ujung Senja karya Ulinsa, Amirudin Rahim, dan Ghazali Lembah. Jurnal Bastra, 9(1), 120–128.
Akidah Islam. (2024, 25 Mei). Wikipedia.org. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Akidah_Islam
Al Fayyadl, M. T. (2021, 24 September). Pengertian tawakal menurut Imam al-Qusyairi. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/tawakal-adalah-KhUed
Ansori, R. A., & Muhajir. (2016). Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik. Jurnal Pusaka, 8, 14–32.
Ghoni, A. (2016). Konsep tawakal dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam: Studi komparasi mengenai konsep tawakal menurut M. Quraish Shihab dan Yunan Nasution. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 3(1), 110–121.
Humaira, H. W. (2018). Analisis sosiologi sastra puisi Tere Liye sebagai pembelajaran sastra di masyarakat. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 131–160.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://kbbi.web.id/nilai
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://kbbi.web.id/religius
Meliani, E. (2017). Nilai-nilai religius dalam film Hijrah Cinta karya Hanung Bramantyo dan implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(3), 1–10.
Nilai dan metode pembentukan karakter religius. (2021, 15 September). Penerbit Deepublish. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://penerbitdeepublish.com/daftar-pustaka-tanpa-nama-pengarang/
Nurmiati, Abubakar, A., & Parhani, A. (2021). Nilai tawakal dalam Al-Qur’an. Journal of Social-Religion Research, 6(1), 81–98.
Pratama, K. R. (2021, 16 Agustus). Wirid orang tertindas. Diakses pada 24 Desember 2024, dari https://www.caknun.com/2021/wirid-orang-tertindas/
Shihab, M. Q. (2007). Secercah cahaya ilahi. Mizan Pustaka.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Syaltout, S. M. (1967). Islam sebagai aqidah dan syari’ah. Bulan Bintang.
Syukur, A. (2000). Pengantar studi Islam. CV Bima Sejati.
Thabroni, G. (2019, 22 Oktober). Pengertian puisi, unsur & jenis menurut para ahli (lengkap). Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://serupa.id/pengertian-puisi-menurut-para-ahli/
Thabroni, G. (2022, 27 April). Metode penelitian deskriptif kualitatif (konsep & contoh). Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif-kualitatif-konsep-contoh/
Ulwah, A. N. (2013). Pendidikan anak dalam Islam. Khatulistiwa Press.
Zaini, S. (1983). Kuliah aqidah Islam. Al Ikhlas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.