Strategi Pemaknaan dalam Memahami Teks Narasi Berbahasa Arab di SMA Terpadu Darut Tauhid Patemon Kerejengan
DOI:
https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1776Keywords:
active learning, Arabic language learning, Islamic values, meaning strategy, narrative textAbstract
This study aims to examine the strategy of meaning in Arabic language learning at SMA Terpadu Darut Tauhid with a focus on understanding narrative texts. Through a qualitative-descriptive approach, data were obtained from observations of learning activities, documentation, and in-depth interviews with teachers, students, and language program managers. The results of the study indicate that strategies such as Jigsaw, Index Card Match, and direct methods (al-thariqah al-mubasyarah) are effective in improving students' linguistic understanding and contextual values. The implementation of these strategies is carried out in an integrated manner in a daily language-based program, supported by a conducive religious environment. The use of narrative texts, especially the stories of the prophets and companions, not only enriches the mastery of mufradat and tarkib, but also becomes a means of internalizing the values of akhlakul karimah. The challenge of time constraints is overcome through creative approaches such as role-play and short dialogues. This study recommends the importance of integration between linguistic strategies and spiritual values in Arabic language learning in a religious-based educational environment.
Downloads
References
Agustini, A., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi Islam dan Sains dalam Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi, Seyyed Hossein Nasr, Al-Ghazali, dan Ibnu Khaldun: Pendekatan Iman, Islam, dan Ihsan Berdasarkan Al-Qur’an, Hadits, dan Qoul Ulama. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 363–385.
Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pembelajaran dalam Membaca Teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.
Anam, K., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Berdasarkan Dalil Al-Qur’an: Studi Kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan Fokus pada Teori Big Bang, Embriologi, dan Lapisan Atmosfer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46.
Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh Shalat Lima Waktu terhadap Disiplin dan Kualitas Hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.
Asror, M., & Sofa, A. R. (2025). Pemahaman Makna Harfiah dan Majazi dalam Bahasa Arab: Potret Kemampuan Siswa SMP Lubbul Labib. In Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 2).
Astutik, S. F., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Naht dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi Interaktif di Madrasah Ibtidaiyah Izzul Islam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 214–228.
Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Meningkatkan Kompetensi Maharoh Qiroah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.
Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits Dalam Pembentukan Nilai Sosial, Etika Politik, dan Pengambilan Keputusan di Era Kontemporer: Kajian Terhadap Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial, Kebijakan Publik, Demokrasi, Kepemimpinan, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, dan Teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.
Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas Iman dan Ilmu Serta Apresiasinya Berdasarkan Studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.
Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.
Hasanah, L., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Morfologi Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia: Studi Kasus di MI Nidhamiyah Ketompen Pajarakan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 156–168.
Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi Dalam Pengembangan Pemikiran Aswaja di Pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.
Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan Generasi Berkarakter Unggul melalui Transformasi Sosial yang Berbasis Pendidikan, Nilai, dan Kolaborasi Masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.
Hidayatingsih, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Masyarakat Pedesaan: Studi Kasus di Desa Dawuhan. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 11–25.
Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi Konsep Mawaddah Wa Rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadist: Strategi Psikologi Keluarga untuk Membangun Keharmonisan Rumah Tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.
Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope:: Strategi dan Implementasi Efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.
Laili, H. N., & Sofa, A. R. (2025). Analisis Bahaya Zina dalam Kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman: Perspektif Moral dan Spiritualitas serta Strategi Pencegahannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 202–212.
Lathifah, W., & Shofa, A. R. (2025). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata dan Kalimat dalam Bahasa Arab Santri Musholla Al-Masykurin Melalui Metode Interaktif. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 215–229.
Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi Cinta Kepada Nabi Muhammad Menurut Al-Qur’an, Hadis, dan Pendapat Ulama dalam Kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.
Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Perspektif Islam di Kehidupan Modern: Tantangan, Peluang, dan Pengaruh Teknologi dalam Pembentukan Karakter di Era Digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 13–26.
Mardiyah, A., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pengembangan Mufradat Bahasa Arab dalam Pembelajaran Kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 364–373.
Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Perspektif Islam: Transformasi Spiritualitas dan Kontribusi Sosial bagi Kaum Muslim dalam Kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 55–66.
Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan Teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, Klasifikasi, dan Implementasi dalam Kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.
Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan Tematik Qur’an dan Hadits sebagai Landasan Pembinaan Akhlak Sehari-Hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.
Muhammad, B., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Islam dan Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi di SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani Rangkang Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 76–91.
Mun’im, M. Z., Ni’mah, M., & Sofa, A. R. (2023). ISTIKHDAAM TATHBIIQ MISK KAWASIITHAH LITA’LIIM AL-LUGHAH AL-ARABIYYAH FII SHOFFI ASSAABI’FII MADRASAH NAMIRA AL-MUTAWASSITHAH AL ISLAAMIYAH PROBOLINGGO. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 22(1), 1–18.
Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Keluarga: Strategi Pembinaan Iman, Ibadah, dan Akhlak di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.
Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dan Klasifikasi Pendidikan Menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.
Nafila, D. P., & Sofa, A. R. (2025). Penerapan Strategi’Akhbārīyah’untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas V SDN Puspan Maron Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 399–415.
Norhayati, N., Prasetyandari, C. W., & Sofa, A. R. (2022). Setrategi Marketing Bmt Maslahah Cabang Maron Dalam Meningkatkan Laba Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Imagine, 2(1), 8–12.
Nurhamsalim, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadits Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di SMK Negeri 1 Probolinggo: Studi Tentang Pengembangan Karakter Islami Siswa. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 127–143.
Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi Kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.
Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam Perspektif Pendidikan Islam: Nilai Fundamental, Strategi Implementasi, dan Dampaknya terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210.
Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis Metode dan Penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.
Rohtama, Y., Murtadlo, A., & Dahlan, D. (2018). Perjuangan tokoh utama dalam novel pelabuhan terakhir karya Roidah: kajian feminisme liberal. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(3), 221–232.
Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan Peluang Dalam Menyongsong Era Digital dan Globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.
Rosida, S., & Sofa, A. R. (2025). Analisis Teks Sejarah dan Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Santri Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 169–184.
Saifullah, S., & others. (2025). Membangun Karakter Santri Melalui Pendekatan Spiritual Berbasis Al-Quran dan Hadits: Studi Empiris di Lingkungan Pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179.
Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pendekatan Holistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. In Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2).
Salsabela, K., & Sofa, A. R. (2025). Kosakata Serapan dalam Bahasa Arab pada Buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk: Kajian Linguistik Kontemporer. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 348–363.
Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi Nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Pembentukan Etos Kerja, Profesionalisme, Spiritualitas, Inovasi, Keseimbangan Sosial, dan Keberlanjutan Muslim Modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.
Sholeh, M. H., Farid, E. K., & Sofa, A. R. (2025). An Analysis of Nahwu Learning Difficulties among Students of Zainul Hasan Genggong Islamic Boarding School. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 4(2).
Sofa, A. R. (2022). Islamic Religious Education Literacy and Numeration In the Perspective of the Qur ’ an and Hadits. 3(02). https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.242
Sofa, A. R. (2023a). Correlation of motivation to learn arabic language with interest in communication in Arabic language of students Department of Arabic Language Education Faculty of Tarbiyah Islam University of Zainul Hasan Genggong. Journal on Education, 5(3), 8725–8738.
Sofa, A. R. (2023b). Pelatihan Menghafal Kosa Kata Dalam Bahasa Arab Pada Siswa MI Nahdatul Ulama Blado Wetan Banyuanyar Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2842–2848.
Sofa, A. R. (2023c). إلحاح اللغة العربية في مناهج التعليم الابتدائي والثانوي كلغة أجنبية مفضلة في عصر المجتمع 5.0. Imtiyaz: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, 7(1).
Sofa, A. R. (2023d). إيكاندو لتعلم اللغة العربية عند الطفولة المبكرة في عصر الرقمنة 5.0 (Icando) استخدام. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 13(2), 287–295.
Sofa, A. R. (2023e). استراتيجيات لزيادة التعلم الذاتي التنظيم لطلاب اللغة العربية في إتقان اللغة عصر الاضطراب. ’ARABIYYA: JURNAL STUDI BAHASA ARAB, 12(02), 242–261.
Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat Fi Ta’lum Al-Lugha Al-’Arabiyya Min Khilal Al-Dhaka’Al-Istina’i: Istratijiyat Fa’ala Litahsin Itqan Al-Lugha Al-’Arabiyya Fi Al-Jami’a Al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.
Sofa, A. R. (2025). Application Of Various Interactive Assessment Models To Increase The Effectiveness Of Measuring The Arabic Learning Process And Improve Learners’ Skills. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 6(1), 20–38.
Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan Strategi pada Siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.
Sofa, A. R., & Erviana, I. (2025). Program Pengabdian Kemasyarakatan: Optimalisasi Pembelajaran Nahwu melalui Kitab Al Miftah di Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Klaseman. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(3), 221–232.
Sofa, A. R., & Febrianti, A. (2025). Dialektologi Bahasa Arab: Analisis Perbedaan Linguistik Berdasarkan Kajian Pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87.
Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. 5, 720–727.
Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. (2025). Penilaian Pembelajaran PBA Berbasis Google Data Studio Power Bi, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107–116.
Sofa, A. R., Muttaqin, A. I., Tohet, M., Mundir, M., Machfudi, M. I., & Mukniah, M. (2023). Revolutionizing Islamic Religious Education in the Age of Society 5.0 through Curriculum Innovation at Merdeka Learning Merdeka Campus (MBKM). IJIE International Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Sofa, A. R., & Sugianto, M. (n.d.). بيئة اللغة العربية جمعية العصر 5.0 من استخدام شبكات التواصل الاجتماعي للطلاب. Insya: Journal of Arabic Studies, 1(1), 25–38.
Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.
Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pembelajaran Tajwid sebagai Sarana Tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, Tantangan, dan Dampaknya terhadap Pemahaman Keislaman Siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.
Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.
Syakdiyah, H., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Keutamaan Ilmu Sebagai Fondasi Dalam Membangun Peradaban Islam Di Era Modern: Perspektif Nilai Dan Relevansi Kontemporer. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 43–54.
Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam Kajian Linguistik: Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Arab Pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.
Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam Membangun Karakter Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 27–42.
Warda, H. A., & Sofa, A. R. (2025). Menanamkan Karakter Ikhlas Sejak Usia Dini: Pembentukan Keikhlasan pada Anak PAUD KB Hidayatullah Gading Kulon Banyuanyar Probolinggo sebagai Landasan Kebaikan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), 144–156.
Widayanti, U. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.
Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi Dalam Kehidupan Peserta Didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.
Zaini, F. M., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi Nilai Qur’ani dan Hadits dalam Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197.
Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying: Studi Kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.
Zummah, A. A., & Sofa, A. R. (2025). Keefektifan Teknik Membaca Cepat dalam Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon Krejengan Probolinggo. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 199–213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.