Implementasi Media Padlet dalam Pembelajaran Teks Artikel di Kelas 12 SMA Negeri 9 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.985Keywords:
Media Padlets, Article Text, Implementation of Learning MediaAbstract
Changing curricula and the rapid development of technology make educators and students have to be able to technology as a medium in learning. The use of technology in education needs to be done to increase student activity so that student learning outcomes increase. The purpose of this research is to increase student acticity, critical thingking, creativity, collaboration, so that learning using the media padlet can run smoothly and optimally. The method used in this study is descriptive qualitative through data triangulation, namely observation, documentation, and questionnaire distribution. The results of this study, namely grade 12 students at SMA Negeri 9 Semarang can increase their learning activity throught the padlet media and increase student learning outcomes.
Downloads
References
Apriliana, A. (2022). Penggunaan media Padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII), 1(6), 594–603.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 125–129). Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977
Effendi, E., Limbong, M. S. S. M., Matodang, R. F., & Hibriyanti, S. (2022). Artikel dan teks editorial. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 311–317.
Hasby, B. A. (2017). Seni memahami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.
Handini, R. M. (2020). Meningkatkan kemampuan menulis bahasa Jepang melalui media Padlet. KORYOKU, 4(2), 99–105.
Jumaydi, M. C. (2020). Studi kasus penggunaan Padlet & Google Form pada pembelajaran daring di SMPN 10 Pasuruan. 385–389.
Konseling, J., & Matappa, A. (2017). Seni memahami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. 1, 90–100.
Mawarni, A. R. S., & Sumardi, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran everyone is a teacher. 2(2), 53–71.
Mufaridah, F., Hima, R., Kuntadirga, B. A., & Arillia, S. N. (2022). Media Padlet sebagai teknologi pedagogik: Persepsi. 1(3).
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan media pembelajaran Canva dan Padlet bagi guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 170–174. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/7670/4171
Mustopa, D., Wekke, I. S., & Hasyim, R. (2019). Penerapan joyful learning dalam pembelajaran bahasa Inggris (tinjauan psikolinguistik). Lisan: Bahasa Dan Linguistik, 8(2), 115.
Nofrion, N., Febriani, R. D., Utomo, E. P., Aziz, S. A., Yuca, V., & Purwanto, S. (2022). Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola interaksi dan aktivitas belajar daring menggunakan aplikasi Padlet. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 281. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.281-294.2022
Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Cakra Books.
Purnomo, Y. W., Salsabila, J. L., Nafisah, A., Rahmawati, R. D., & Mawaddah, F. (2021). Pembelajaran matematika secara daring membosankan bagi siswa sekolah dasar: Studi self-report siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1351. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3533
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2020). Penggunaan media Padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. In Prosiding SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.
Rasmitadila, A., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Rohmatika, A., Arianto, P., & Putra, R. M. (2020). Studi penggunaan aplikasi Padlet pada kelas menulis. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1(2), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalitas guru. Rajawali Press.
Santoso, R. B. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital Padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. 1(5), 478–485.
Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Penggunaan aplikasi Padlet sebagai media pembelajaran daring pada mata kuliah teknologi pendidikan (Studi kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6(2), 95.
Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Prenandamedia.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Zuliarso, E., Diartono, D. A., & Anwar, S. N. (2022). Pelatihan manajemen kegiatan olahraga menggunakan Padlet. Jurnal Pengabdian Masyarakat INTIMAS, 2(15), 1–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.